Surat al-Fâtihah


Dalam suatu riwayat dikatakan bahwa surat al-Fâtihah merupakan surat yang pertama kali diturunkan dengan lengkap. Surat ini terdiri dari 7 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Dinamakan al-Fâtihah (pembukaan) karena dengan surat inilah dibuka atau dimulainya kitab suci al-Qur’an.
Surat al-Fâtihah disebut juga sebagai Ummul Qur’an (induk al-Qur’an) atau Ummul Kitâb (induk al-Kitab) karena al-Fâtihah merupakan induk dari semua isi yang ada dalam al-Qur’an. Surat ini dinamakan pula as-Sab’ul Matsâny (tujuh yang berulang-ulang) karena ayatnya tujuh dan dibaca berulang-ulang ketika mengerjakan shalat.
Surat Al-Fatihah merupakan satu-satunya surah yang dipandang penting dalam shalat. Salat dianggap tidak sah apabila pembacanya tidak membaca surah ini. Dalam Hadits dinyatakan bahwa salat yang tidak disertai al-Fatihah adalah salat yang "buntung" dan "tidak sempurna" Walau begitu, hal tersebut tidak berlaku bagi orang yang tidak hafal Al-Fatihah, karena dalam surat Al-Fatihah itu terdapat dari isi keseluruhan Al-Qur’an.

untuk kelanjutan makalahnya bisa di download di alamat url dibawah ini, lengkap dengan power poinya.......
http://www.ziddu.com/download/19327017/suratalfatihah.rar.html

Comments

Popular Posts