ma'rifatullahll

Tidakn nn kenanl .imaka tidak sayang, demikian 7667:!bdeunyi pepatah. Banyak orang mengaku mengenal Allah tapi mereka tidak cinta kepada Allah. Sesungguhnya mengenal Allah adalah suatu azas yang berdiri di atasnya seluruh kehidupan dunia. Dari sinilah kita mengenal para nabi dan rasul. Mengenal tugas dan sifatnya serta hajat manusia kepada risalahnya, mengenal mu’zijat, karomah, kitab-kitab samawi, mengenal malaikat, jin, ruh, dan hari akhir.
Banyak sekali orang mengaku mengenal Allah SWT, namun mereka tidak cinta kepada Allah SWT. Buktinya mereka banyak melanggar perintah dan larangan-Nya. Hal ini disebabkan karena mereka belum mengenal Allah SWT dengan arti sebenarnya.
Membahas persoalan bagaimana mengenal Allah SWT bukanlah suatu pembahasan  yang asing. Bagaimana kita sebagai hamba Allah dapat mengenal Allah SWT dengan sebenar-benarnya yang nantinya diharapkan dapat membuahkan rasa takut kepada-Nya, tawakal, berharap, menggantungkan diri, dan ketundukan hanya kepada-Nya. Sehingga kita bisa mewujudkan segala bentuk ketaatan dan menjauhi segala apa yang dilarang oleh-Nya dengan penuh kerelaan dan tidak terpaksa karena mengenal Rabb-Nya dapat membuahkan cinta kepada Rabb-Nya. Mengenal Allah dapat menentramkan hati ketika  mengalami gundah gulana dalam hidup dan mendapatkan rasa aman ketika manusia dirundung rasa takut dan akan berani menghadapi segala macam problem hidup.
Faktanya banyak yang mengaku mengenal Allah tetapi mereka selalu bermaksiat kepada-Nya siang dan malam. Lalu apa manfaat kita mengenal Allah kalau keadaan demikian? Dan apa arti kita mengenal Allah sementara kita melanggar perintah dan larangan-Nya? Maka dari itu mari kita menyimak pembahasan tentang masalah ini agar kita mengerti hakikat mengenal Allah dan bisa memetik hasilnya dalam wujud amal.
Ibnul Qoyyim dalam kitab Al Fawaid hal 29 mengatakan: “Allah mengajak hamba-Nya untuk mengenal diri-Nya di dalam Al Qur’an dengan dua cara yaitu pertama melihat segala perbuatan Allah dan yang kedua melihat dan merenungi serta menggali tanda-tanda kebesaran Allah seperti dalam firman-Nya: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang memiliki akal.”

downlod disini untuk makalahnya .......
          http://www.ziddu.com/download/19334986/tafsirmarifatullah.rar.html

Comments

Popular Posts