uji ANAVA

   Semakin berkembangnya peradaban manusia maka perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbanding lurus. Pada dasarnya ini merupakan usaha manusia untuk melangsungkan kehidupannya dengan melakukan penelitian. Penelitian secara luas dapat diartikan sebagai suatu upaya pengamatan secara sistematis terhadap suatu objek penelitian untuk mendapatkan fakta-fakta baru. Prosedur penelitian biasanya terdiri dari fakta observasi, hipotesis, dan percobaan.

    Percobaan umumnya dilakukan untuk menemukan sesuatu. Secara teoritis,rancangan percobaan adalah suatu uji atau deretan uji baik menggunakan statistik deskripsi ataupun inferensial, yang bertujuan untuk mengubah peubah input menjadi suatu output yang merupakan suatu respons dari percobaan tersebut (A. Ansori Mattjik & Sumertajaya, 2000 dalam Sumertajaya). Suatu percobaan biasanya dilakukan untuk melihat efek atau pengaruhnya terhadap suatu faktor. Kerap kali dijumpai ada beberapa faktor yang mempengaruhi suatu hasil percobaan.

    Analisis statistik yang biasa diterapkan pada percobaan uji daya hasil adalah analisis ragam atau dikenal dengan analisis varians (ANAVA), analisis ini kurang memadai dalam menganalisis keefektifan suatu struktur data yang kompleks. Artinya ANAVA hanyalah suatu model yang mampu menerangkan pengaruh utama dan mampu menguji interaksi tetapi tidak mampu menentukan pola genotipe untuk meningkatkan interaksi. Analisis ragam merupakan proses aritmatika untuk menguraikan jumlah kuadrat total menjadi beberapa komponen yang berhubungan dengan sumber keragaman yang diketahui.

pingin download makalahnya di sini...

Comments

Popular Posts